Wabah Difteri, Kejadian Luar Biasa Di Indonesia. Waspada!

UHealthyMedia.Com - Dipenghujung tahun 2017 di hampir seluruh wilayah Indonesia Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri mewaba. Kementrian kesehatan (KemenKes) Desember 2017 menunjukan bahwa wabah difteri sudah tersebar di 11 provinsi dan 95 kabupaten.

      Sumber dari Detiknews menyebutkan, pada kurun waktu Oktober-November 2017 sebelas provinsi yang melaporkan terjadinya KLB Difteri di di wilayah kabupaten/kotanya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masarakat KemenKes Oskar Primadi menyampaikan keterangan tertulisnya, Minggu (10/12/2017) Sebelas provinsi itu adalah Sumatra barat, Aceh, Sumatra Selatan, Sulawesi Selataan, Kalaimantan timur, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  • Mengenal Apa Itu Difteri.
Difteri merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium  bakteri yang menyerang saluran pernapasan bagian atas,  Infeksi yang dapat menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf. Racun yang dihasilkan oleh bakteri corynebacterium dapat berbahaya bila menyebar ke bagian tubuh lain.

  • Tanda Dan Gejala Para Penderita Difteri.
Pasien yan teleh terinfeksi bakteri Corynebacterium  biasanya akan terdapat gejala-gejala sebagai berikut:
  1. Peradangan pada selaput hidung dan tenggorokan
  2. Demam Tinggi
  3. Hidung Berair
  4. Sulit Bernapas
  5. Kepala pusing
  6. timbulnya selaput berwarna putih keabu-abuan yang menempel pada dinding belakang tenggorokan.
  7. Pembengkakan pada leher
  8. Detak jantung Meningkat
  9. Kelenjar Getah Bening Membesar
  10. Gagal Jantung
  11. Kelumpuhan Otot
  12. Obstruksi Tenggorokan
Difteri merupakan penyakit yang bisa mengakibatkan kematian, penyakiat difteri bisa menyerang pada anak-anak sampai orang dewasa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »