Cara Yang Benar Mencegah Dan Mengobati Cantengan

UHealthyMedia.Com - Bagi yang pernah mengalami cantengan di kuku jari kaki, pasti tahu rasanya, tidak nyaman dan nyeri.
Cantengan adalah kondisi dimana kuku jari kaki kita, baik sisi ataupun sudut kuku tersebut menekuk ke bawah dan masuk ke kulit jari kaki. Jika hal ini terjadi, jari bisa bengkak, sakit, mengalami ruam dan terkadang mengeluarkan nanah. Kondisi ini seringnya dialami oleh jempol kaki, meski sesungguhnya semua jari kaki tetap berisiko terkena cantengan. Berikut cara yang benar dalam mencegah dan mengobati cantengan.
Cara yang benar mencegah dan mengobati cantengan


GEJALA PENYAKIT

Gejala penyakit cantengan ini selain bengkak, rasa nyeri, dan kemerahan pada sudut ujung jari, juga adanya penumpukan cairan dan keluar nanah. Hati-hati karena luka ini dapat terinfeksi. Kulit di sekitar area yang tertusuk dapat mengalami peradangan dan tumbuh secara tidak normal. Biasanya rasa sakit akan menjadi-jadi apabila jari yang cantengan tersentuh atau tertekan sesuatu.

PENANGANAN PENYAKIT

Pada beberapa kasus cantengan yang tergolong parah, misalnya apabila kuku sudah sangat tebal dan menekan kulit di sekitarnya, biasanya dokter akan menempuh jalan operasi pencabutan kuku, baik operasi pencabutan sebagian kuku ataupun pencabutan seluruh kuku.
Namun selama belum terlalu parah, kondisi ini biasanya mudah diatasi, tetapi sembari menunggu jari kaki sembuh, kita akan kesakitan. Berikut bisa kita coba metode penanganannya dengan peralatan rumahan:
  1. Rendam kaki dalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam sekitar 15 menit, ulangi 3-4 kali
  2. Gunakan kapas atau benang untuk mencabut pinggiran kuku secara berhati-hati
  3. Minum obat penghilang rasa sakit. Obat-obat seperti ini yang dijual bebas bisa meredakan rasa tidak nyaman yang menyerang anda. Cobalah obat-obatan antiinflamasi nonsteroid (NSAID) bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  4. Gunakan krim antibiotik
  5. Balut jari kaki anda untuk melindunginya. Agar jari kaki tidak terinfeksi lebih lanjut atau tersangkut pada kaos kaki, gunakan plester untuk membungkusnya
Setelah melakukan diagnosis, bisa mencoba menggunakan obat-obatan rumahan itu untuk meredakan rasa sakitnya. Jika rasa sakitnya terlalu parah atau kuku jari kaki terinfeksi, kunjungi dokter.

PENCEGAHAN PENYAKIT

Seperti peribahasa mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka, jagalah selalu kebersihan kaki. Hindari memotong kuku secara melengkung mengikuti lengkungan ujung jari. Potonglah kuku secara lurus. Jangan memotong kuku terlalu pendek. Singkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati di sekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus kuku atau batu apung. Gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman dan tidak menekan jari kaki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »