Waspada! Dampak Negatif Bermain Handphone Dalam Gelap

UHealthyMedia.Com - Stop bermain HP dalam gelap, karena memiliki efek negatif bagi kesehatan seperti bisa meningkatkan resiko kanker, melemahkan otak, merusak retina, sulit tidur dan meningkatkan depresi.

Inilah penjelasan mengapa kita harus menghentikan kebiasaan bermain HP dalam gelap
Waspada dampak negatif bermain hp dalam gelap
, seperti yang dikutip dari Dokterpedia berikut:

1. Merusak Retina
Layar telepon genggam memancarkan sinar biru atau blue light, yang digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV), yaitu sinar tampak dengan panjang gelombang yang relative pendek (415-155 nanometer) dan tingkat energi tinggi. Paparan langsung sinar biru kepada mata, dapat menembus bagian luar mata hingga bagian dalam, sehingga menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan pada retina.

2. Kurang Tidur
Sinar biru juga bersifat supresif terhadap produksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur. Secara kimiawi, hormon melatonin menyebabkan rasa kantuk dan menurunkan suhu tubuh. Produksi melatonin ini dapat dihambat oleh cahaya dan diinduksi oleh gelap. Maka itu, memainkan gadget dalam gelap dapat menyebabkan penggunanya sulit tidur.

3. Meningkatkan Resiko Kanker
Menatap layar ponsel dalam gelap secara terus menerus juga dapat menimbulkan resiko terkena kanker. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Cancer Prevention, paparan sinar biru akan meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita hingga 17%. Para peneliti mengungkapkan bahwa hal  tersebut disebabkan oleh cahaya biru yang menekan produksi melatonin (hormon yang juga berfungsi untuk 'menidurkan' sel-sel kanker) dan meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara.

4. Melemahkan Otak
Seperti yang telah dijelaskan sebelum, paparan layar ponsel pada tubuh manusia secara terus menerus dapat mengakibatkan kurang tidur. Kondisi tersebut menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya melemahkan daya ingat. Ketika tubuh tidak mendapat tidur yang cukup, konektivitas neuron  di hippocampus (bagian sistem otak besar yang memerintah berbagai fungsi tubuh) akan melemah, sehingga daya ingat akan menurun.

5. Meningkatkan Resiko Depresi
Sebagai efek lanjutan dari kurang tidur ysng disebabkan oleh paparan sinar biru, pengguna ponsel dalam gelap akan memiliki resiko tinggi untuk mengidap depresi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »